Mengenal Jenis-Jenis Pipa PVC dan Keunggulannya

Posted by shinobi apuy on Selasa, 21 April 2020

Pipa PVC adalah jenis pipa yang popular untuk fungsi saluran air dan pengairan. Selain diproduksi dengan jenis yang beragam, harga dari pipa PVC juga relative lebih terjangkau. Pipa PVC adalah jenis pipa yang efektif digunakan untuk aliran air karena kelebihannya yang anti karat. 

Mengenal Jenis-Jenis Pipa PVC dan Keunggulannya
Gambar: Freepik


Berdasarkan standar produksinya, jenis pipa ini dibedakan atas tiga jenis, yaitu pipa PVC JIS, pipa PVC SNI, pipa PVC limbah. Nah, mari kit ulas perbedaan masing-masing jenis pipa PVC.

Pipa PVC JIS


Pipa PVC JIS adalah pipa yang diproduksi dengan standar Japan Industral Standard. Pipa ini cukup popular digunakan untuk saluran air yang sederhana di Indonesia. Pipa PVC JIS ternyata memiliki tiga tipe yang berbeda berdasarkan ketahanan pipa terhadap tekanan. Pertama, pipa PVC JIS AW yang memiliki ketahanan pada tekanan 10 kg/cm persegi. 

Pipa PVC JIS
Gambar: Rucika


Kedua, pipa PVC JIS D dengan ketahanan pada tekanan 5 kg/cm persegi. Pipa ini diproduksi dengan satu ukuran yaitu 4 meter. Proses penyambungan untuk pipa JIS adalah dengan menggunakan lem solvent cement. SEdangkan diameter dari pipa PVC JIS bervariasi dari 0.5 inch hingga 12 inch. 

Pipa PVC SNI


Pipa PVC SNI adalah pipa yang diproduksi dengan Standar Nasional Indonesia. Memiliki dua tipe papa seperti PVC JIS yaitu tipe AW dan tipe D. Pipa PVC SNI diproduksi denagan ukuran diameter yang lebih besar, yaitu 0.5 inch hingga 24 inch. 

Pipa PVC SNI
Gambar: Vinilon


Penyambungan pipa PVC SNI dapat dilakukan dengan menggunakan dua metoda yaitu solvent cement dan rubbering joint. Ukuran pipa ini umumnya adalah 6 meter.

Pipa PVC Limbah


Pipa PVC limbah adalah pipa yang didesain khusus sebagai saluran limbah atau air buangan lainnya. Produk ini memiliki jeins bervariasi yang didasarkan pada nominal PN atau kebutuhan tekanan dari saluran airnya. 

Pipa PVC Limbah
Gambar: Pipa Wavin


Ada berbagai macam jenis pipa limbah, namun di Indonesia produksi pipa limbah hanya untuk satu jenis saja. Pipa limbah di Indonesia biasnaya dikenal dengan pipa SDR-24. Proses penyambungan pipa ini adalah dengan menggunakan teknik rubbering joint. 

Nah, itulah jenis dari pipa PVC yang banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan industri. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar