Manfaat Minyak Alami Pohon Jati

Posted by darwin boenes on Rabu, 02 Desember 2015

Kayu Jati merupakan salah satu dari banyak jenis kayu yang lazim diolah untuk dijadikan mebel, namun kepopuleran kayu jati telah melebihi kebanyakan jenis kayu lainnya.  Bahkan, kita bisa membuat kesan megah seperti yang ditampilkan oleh King Fahd National Library di rumah kita, meskipun dengan sedikit perbedaan tampilan. Mengapa Mebel Kayu Jati lebih populer dari kebanyakan kayu lain? Karena, selain tahan lama dan kuat, kayu jati juga tidak pernah dihinggapi rayap.

Kayu jati memproduksi minyak unik secara alami, dan minyak ini lah yang membuatnya tak pernah dihinggapi rayap, minyak ini merupakan minyak anti-rayap alami yg diproduksi pohon jati untuk menjaga kayunya. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang menggunakan minyak ini sebagai produk utama mereka, perushaan-perusahaan ini memanen minyak jati dan mengolahnya lalu menjualnya. Selain kegunaan di atas, minyak ini memiliki beberapa kegunaan lain, apa sajakah itu?
  • Mengembalikan warna mebel ke warna aslinya. Minyak ini cocok untuk furniture atau mebel yang telah kehilangan warna aslinya oleh usia. Dengan minyak ini, yang diolah dari pohon jati asli, warna mebel yang pudar akan kembali ke asalnya.
  • Memperkuat ketahanan kayu. Minyak ini akan memperkuat kayu dan memberikan ketahanan lebih untuk melawan cuaca ataupun sinar UV. Cuaca dingin, lembab ataupun kering dan panas sekalipun. Kayu juga akan semakin tahan lama, lebih tahan lama jika dibanding dengan minyak atau pemoles kayu lain.
  • Memberi aksen warna dan nuansa baru. Minyak ini memberikan warna khas ke kayu sehingga terlihat seperti baru, dan juga memberi nuansa yang lebih hangat.
  • Mencegah penuaan. Warna akan pudar lebih lama jika dibanding dengan minyak atau pemoles lain, dan juga kayu tidak akan mudah terkelupas, pecah, ataupun patah, retakan juga tidak akan mudah muncul.
  • Tahan air. Minyak ini juga membuat mebel menjadi tahan air. Terendam banjir ataupun terkena hujan, tak akan merusak kayu jati yang telah diolesi minyak ini.
  • Selain semua kegunaan tersebut, minyak ini juga mengering lebih cepat dibanding minyak kayu lain, dan pengaplikasiannya pun dapat dibilang lebih mudah. Untuk menggunakan minyak kayu jati, kita hanya perlu menggunakan kuas besar, atau lap sekalipun. (RR)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar