Mengapa Sambungan Pipa Rumah Tangga Harus Berstandar JIS?

Posted by shinobi apuy on Kamis, 12 Juli 2018

Tak dapat dipungkiri, bahwa sambungan pipa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga itu punya peran vital. Misalnya digunakan untuk menyalurkan air kotor, air bersih, dan lainnya. Nah, pipa yang masuk kategori “wajib pakai” itu harus berstandar JIS. Mengapa? Berikut alasannya yang perlu kamu ketahui.

Sambungan Pipa di Rumah Tangga
Sambungan Pipa di Rumah Tangga
  • Dijamin Asli

Banyaknya produk sambungan pada pipa air, tentu memicu produksi yang tidak berstandar nasional maupun internasional. Kalau di Indonesia sendiri memakai SNI sebagai standar nasional. Khusus untuk kategori pipa air, wajib berstandar internasional dari JIS. Soalnya produk-produknya dijamin asli.

  • Berkualitas selama Bertahun-tahun


Kualitas produk dari Jepang memang sudah teruji sejak bertahun-tahun. Standar JIS pertama kali dipublikasikan lewat Asosiasi Standar Jepang pada era Meiji. Tepatnya pada waktu terjadi kekalahan pertama kali yang dialami oleh Jepang di Perang Dunia 2 tanggal 1945.

Sudah lama sekali, kan?

Dengan banyaknya jumlah tahun yang dilewati, membuktikan, bahwa sambungan pipa dengan standar JIS sudah diakui secara internasional. Meskipun standar ini didirikan pada tahun 1945, tetapi baru disahkan pada tahun 1949. Di Indonesia, hanya sedikit sekali yang berstandar JIS dan sering diterapkan dalam instalasi saluran air rumah tangga.

  • Minim Risiko Kebocoran

Masalah terkait pipa bocor itu sudah sering dikeluhkan oleh warga. Terutama di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Setelah muncul berbagai pipa serta sambungannya dengan standar JIS, tidak ada lagi suara-suara resah seperti itu. Soalnya kalau sudah telanjur bocor, sulit diperbarui. Terutama kalau penggunaannya salah karena kurang memahami tekanan air.

  • Disukai oleh Teknisi

Kalau kamu minim pengetahuan tentang instalasi saluran air, bukankah lebih baik diserahkan ke teknisi? Nah, untuk mempermudah pekerjaan, pilih sambungan yang enak dipasang. Dengan pipa berstandar JIS, rata-rata pemasangannya lebih cepat. Soalnya sudah tercetak dalam ukuran pasti dan bisa disesuaikan dengan penggunaan secara global.

Kelebihan ini sangat terasa ketika mau bangun rumah dan saluran air dalam satu paket. Biasanya, teknisi yang andal akan menghitung estimasi pengerjaan sekaligus risiko pada waktu pekerjaan berlangsung. Sambungan dengan standar JIS akan memudahkan pengerjaan rumah impian kamu. Bahkan bisa dua kali lebih cepat dari biasanya.

  • Berada di Bawah Pengawasan JISC

Selain sudah masuk perizinan di Tanah Air, kualitas dari produk berstandar JIS juga telah diawasi JISC atau Japan Industrial Standard Comitte. Proses penyaringan kualitasnya tentu sangat ketat. Apalagi ketika sudah masuk tahap “siap pakai” untuk warga Indonesia.

Oleh karena itu, jangan pernah beli sambungan pipa yang tidak berstandar SNI maupun JIS. Semurah apa pun. Semakin berkualitas, bukankah semakin tahan lama ketika digunakan? Apalagi untuk ranah rumah tangga yang selalu digunakan setiap harinya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar