Cara Saya dalam Meningkatkan Kualitas Hidup

Posted by Anonim on Selasa, 02 Agustus 2016

Kualitas hidup seseorang tidak hanya bisa dilihat dari seberapa banyak penghargaan yang ia dapat, seberapa besar kekayaannya, seberapa tinggi pendidikannya, atau seberapa mewah kehidupannya. Kualitas hidup bisa dilihat dari seberapa puas ia menjalani kehidupannya dan bagaimana cara seseorang memandang jalan hidupnya. Saya sendiri bukanlah orang yang lahir di keluarga kaya; pendidikan juga tidak tinggi-tinggi amat; dan hidup saya sederhana saja. Akan tetapi, saya berani bilang kalau hidup saya ini sudah berkualitas. Saya suka dengan hidup saya dan saya rasa saya sudah menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya :D Ini dia cara saya dalam meningkatkan kualitas hidup saya: 

Membuat Daftar Pencapaian


Setelah melalui satu minggu yang sibuk dengan berbagai ujian, les harian, dan juga tugas-tugas sekolah, biasanya saya mengambil sedikit waktu di malam hari untuk menuliskan semua hal-hal yang sudah saya lakukan dan kerjakan di minggu tersebut. Saya merasa perlu untuk melakukan hal ini sebab hal-hal tersebut membuat saya merasa positif. Dengan membaca setiap kegiatan yang sudah saya lakukan, saya merasa lebih optimis dan merasa bisa menyelesaikan tantangan apa pun yang ada di depan saya. Hidup ini adalah sebuah permainan dan setiap kali menyelesaikan sesuatu, saya merasa susah naik level :D

Membiasakan Mini Habits


Mini habits atau kebiasaan kecil merupakan salah satu rencana jangka panjang yang sangat baik untuk diterapkan. Mengapa demikian? Pasalnya, meski kebiasaan-kebiasaan ini terlihat mudah dilakukan, kebiasaan kecil ini tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Bahkan, Aristoteles saja bersabda: we are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit. 

Membangun kebiasaan kecil merupakan jalan untuk mencapai mimpi-mimpi kita, tidak peduli seberapa besar dan seberapa tidak mungkinnya impian itu pada awalnya. Saya sendiri percaya, menerapkan kebiasaan ini adalah tindakan yang nothing to lose; we have no reason and excuse to ignore. Contohnya apa, nih? Nggak usah jauh-jauh, deh. Saya ini dulu paling malas membaca. Sukanya cuma baca komik. Jangankan buku pelajaran, novel pun saya malas bacanya! 

Nah, untuk mengubah tabiat ini, saya coba beli novel Harry Potter and the Sorcerer's Stone, yang pernah hits pada masanya :’D Saya biasakan untuk membaca minimal satu halaman perhari, setiap pagi sebelum berangkat sekolah atau malam hari setelah bikin peer. Awalnya, baca satu halaman aja susahnya minta ampun dan banyak alesannya. Tapi, lama kelamaan, saya makin larut ke dalam ceritanya dan target satu halaman perhari itu mulai terlupakan karena saya terus membaca sampai saya ngantuk :D 

Quality Of Life


Singkat kata, kebiasaan kecil ini justru mengubah saya menjadi pribadi yang sangat suka membaca. Pastinya pada nggak percaya kan kalau saya bilang dulu ini saya paling males baca? Hehe. The power of mini habits!

Memberi penghargaan untuk diri sendiri. Kenapa? Sebab kalau bukan kita, siapa lagi? Saya merasa, memberikan penghargaan pada diri sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Kita menjadi lebih bahagia dan sisi positifnya, kita juga menjadi terpacu untuk melakukan hal brilian lainnya. Berikanlah penghargaan yang sepadan untuk diri kita setelah berhasil melakukan sesuatu. 

Misalnya, setelah saya menyelesaikan tugas akhir saya dengan baik (di mana saya harus bergadang hampir setiap hari dan itu benar-benar menguras energi saya), saya akan menghadiahi diri saya satu hari penuh untuk bersantai-santai dan melakukan hal yang saya suka. Atau ketika saya berhasil memenangkan sesuatu, saya akan menghadiahi diri saya voucher belanja sodexo untuk digunakan di seluruh merchant sodexo! Uhuy, asyik banget kan! Akan tetapi, jangan sampai penghargaan ini justru menjadi tujuan alih-alih impian kita, ya. Tetap fokus pada impian, dong :D 

Nah, itu dia cara yang biasa saya lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup. Kalau kalian sendiri bagaimana?

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar