2 Tipe Klaim Asuransi Kesehatan

Posted by Samino on Kamis, 17 Mei 2012

asuransi kesehatan
2 Tipe Klaim Asuransi Kesehatan - Kita sebagai pembeli dan nasabah asuransi harus memahami tipe-tipe dari klaim asuransi dan cara mengajukan klaim asuransi kesehatan dengan sebaik-baiknya,untuk mencegah kesulitan dan kekecewaan yang akan kita hadapi dikemudian hari.Selain itu juga akan memudahkan kita untuk mendapatkan uang penggantiannya juga.Karena biasanya untuk asuransi pembayarannya sangat mudah tetapi untuk klaim yang sangat sulit.

Sistem Penggantian ( reimbursement)

Yaitu pemegang polis asuransi (tertanggung) harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar biaya medisnya, yang kemudian dapat diklaim atau dimintakan penggantian ke perusahaan asuransi dimana kita menjadi nasabahnya. Dengan system ini nasabah asuransi dibebaskan memilih rumah sakit untuk berobat, namun tentunya maksimal uang penggantian telah ditentukan sebelumnya didalam polis asuransi.

Yang perlu anda perhatikan dalam informasi asuransi jika anda melakukan klaim dengan Sistem Penggantian ( reimbursement) ini adalah kelengkapan surat-surat administrasi seperti kwitansi pembelian obat, biaya konsultasi dokter, biaya tindakan dokter,  dan rawat inap.Mengenai cepat atau lambatnya pencairan dana klaim ini tergantung dari pelayanan perusahaan asuransi masing-masing-masing, namun biasanya berkisar antara 1 hingga 7 hari kerja.

Sistem Provider

Jika perusahaan asuransi anda menggunakan system provider, maka ini akan lebih memudahkan anda mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, anda tidak perlu pusing memikirkan biaya medis yang harus anda bayarkan terlebih dahulu ke rumah sakit. Anda cukup menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan anda pada rumah sakit atau klinik kesehatan yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi anda.

Pilihan 2 Tipe Klaim Asuransi Kesehatan yang terbaik, sepenuhnya ada ditangan anda, jika anda tidak ingin dibatasi oleh perusahaan asuransi mengenai di rumah sakit atau klinik mana untuk berobat dan memiliki cukup dana untuk membayarkan terlebih dahulu biaya medis yang dikeluarkan, anda bisa memilih perusahaan asuransi yang menggunakan system penggantian.

Namun jika anda menginginkan kepraktisan dan tidak ingin dibebani dengan pikiran mengenai pembayaran biaya medis diawal anda bisa memilih perusahaan asuransi yang menggunakan system provider.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar